Mengoperasikan IP Camera

Mengoperasikan IP Camera : Tujuan

Agar memberikan pemahaman dan skil yang solid tentang pengunaan dan mamfaat serta mengoprasikan IP camera . serta memantapkan pengoprasian WLAN karnanya IP camera Bisa berfungsi tanpa kabel sehingga memperkecil kemungkinan IP Camera yang dipasang di ketahui oleh orang lain dan tidak boros kabel.

Mengoperasikan IP Camera : Alat Dan Bahan

  • 2 WIFI (acses point dan Router) 
  • 1 camera beserta drivernya 
  • 2 kabel UTP (straight) 2 Laptop

Mengoperasikan IP Camera : Cara Kerja

Pasanglah sebuah wifi yang berfungsi sebagai acses point dengan cara memasang kabel straight pada wifi dan tersambung ke laptop .samakanlah jaringan IP laptop kita dengan IP wifi, Kemudian buka buka leptop dan buka WEB brauser dan ketikkan IP wifi tersebut contoh 192.168.30.88 lalu muncul sebuah kotak yang bertulis user dan password. Isi usernya dan isi paswordnya juga , kemudian settinglah IP wifi tersebut dan buat dia sebagai acses point.

Mengoperasikan IP Camera


Kemudian pasanglah sebuah wifi lagi yang berfungsi sebagai repeater dengan cara memasang kabel straight pada wifi dan tersambung ke leptop . samakanlah jaringan IP leptop kita dengan IP wifi, Kemudian buka buka laptop dan buka WEB brauser dan ketikkan IP wifi tersebut contoh 192.168.30.98 lalu muncul sebuah kotak yang bertulis user dan password. Isi usernya dan isi paswordnya juga, kemudian settinglah IP wifi tersebut dan buat dia sebagai reapiter dan jangan lupa isi MAC addres wifi acses point pada wifi repeater tersebut.

Mengoperasikan IP Camera


Lalu cek koneksi antara wifi yang berfungsi sebagai acses point dangan wifi yang berfungsi sebagai repeater, dengan cara buka laptop kemudian buka commend promp lalu ketik IP yang ingin di cek . jika muncul tulisan replay from….. berarti ip yang di cek tersambung dengan leptop kita. Jika semuanya terkoneksi maka saatnya kita akan melakukan pemasangan camera.

Mengoperasikan IP Camera


Pasanglah sebuah kamera lalu kita setting dengan cara hubungkan dengan kabel straight dan terhubung ke laptop. Samakan jaringan IP camera dengan laptop kita Kemudian bukalah web Brouser pada leptop dan ketik IP camera . Contoh 192.168.30.100 ,lalu muncul kotak dialog berisi user dan password,kemudian isi user dan password tersebut.lalu munculah halaman kamera tersebut dan settinglah. Jika sudah sambungkanlah kabel straight dari kamera ke wifi yang berfungsi sebagai reapiter.

Mengoperasikan IP Camera


Kemudian teslah kamera tersebut dengan cara buka laptop yang tersambung ke wifi acses point lalu install program IP kamera tersebut . setelah di instal jalankan program tersebut ,setelah program terbuka settinglah dengan cara
  • Pilih select camera lalu pilih network camera 
  • Masukkan URL yaitu ip camera tersebut 
  • Pilih chek koneksi untuk mengecek koneksi camera ke leptop 
  • Lalu tekan connec 
Mengoperasikan IP Camera

Setelah melalui cara diatas dan telah berhasil maka gambar dari kamera akan muncul di layar monitor laptop

Mengoperasikan IP Camera : Skema

Mengoperasikan IP Camera


Mengoperasikan IP Camera : Keseimpulan

Jadi pemasangan ip camera tidak hanya melalui LAN tapi pemasangannya dapat melalui jaringan WLAN ,yang beda hanya konfigurasinya saja. IP camera tersebut Mempermudah pemantauan atau pengendalian objek yang di pantau tanpa harus berada langsung di lokasi, sehingga menghemat tenaga tanpa harus memantau objek secara langsung. Mencegah dan mengurangi perbuatan curang atau yang bersifat penipuan. Dapat merekam kejadian yang ingin di pantau sehingga tidak memakan waktu untuk memantau objek yang ingin di pantau.

Semoga kita tidak hanya belajar pemasangan IP camera melalui WLAN saja , tapi melalui medium atau media yang lebih inovatif lagi, kemudian dengan jarak yng lebih jauh sampai kira kira 1km dan alat yang di gunakan mengikuti perkembangan zaman sehingga memungkinkan kami mendapatkan skil atau keterampilan yang baik dan tidak ketinggalan zaman. TERIMA KASIH (^_^)

0 comments:

Post a Comment

 
Top